LUDICIA Gaet ANDRE TIRANDA Perkuat Single “Chapter III : Paradigma”

Usai merampungkan proses produksi rekaman untuk album debutnya yang bertajuk “Avontur”, unit cadas belia asal Bali ini lantas melanjutkan program promonya. Sebuah single terbaru bertajuk “Chapter III : Paradigma” telah mereka perdengarkan ke khalayak metalhead. Salah satu keistimewaan dari single tersebut, ada sisipan permainan gitar solo dari Andre Tiranda, pentolan unit death metal asal Jakarta, Siksa Kubur.

“Ini salah satu track dalam album penuh yang sudah kami kerjakan dan selesaikan setahun lalu,” cetus pihak Ludicia kepada MUSIKERAS, menegaskan informasinya.

Karena I Gusti Ngurah Agung Dharmayasa a.k.a. Kumz, gitaris Ludicia, sudah membuat kerangka lagu itu sebelumnya dan tinggal menyisakan proses pematangan, maka proses penggarapannya pun menjadi sangat cepat. Semua tahapan tracking, lalu mixing dan mastering dieksekusi Kumz bersama personel lainnya; Christian Matius Tirta a.k.a. Chriz (vokal), Ida I Dewa Agung Mahardika a.k.a. Chanz (gitar) dan I Komang Tri Sandyasa Putra a.k.a. Montz (dram) di Crayon Record, studio milik Chanz.

.

.

Jika diamati dari sisi pengolahan musik, menurut Ludicia, “Chapter III : Paradigma” terbilang masih sama seperti single sebelumnya, “Chapter I : I AM” yang dirilis Juni 2020 lalu, dimana nuansa death metal berpadu dengan breakdown ala metalcore/deathcore masih sangat terasa mendominasi.

Namun demikian, cara Montz mengisi dram kali ini sangat berbeda dari versi draft, yang membuat lagu tersebut semakin berwarna. Lalu ada Chriz yang juga mengisi lirik sesuai dengan urutan cerita di “Avontur”. 

“(Lagu) ‘Chapter III : Paradigma’ ini dideskripsikan seperti neraka baru. Nuansa dark-nya sangat terasa dari segi lirik. Dan musiknya di pertengahan lagu juga kami isi dengan choir yang diisi oleh Ari Wedayanti berpadu dengan alunan suara Digeridoo yang diisi oleh Nareth. Kebetulan mereka berdua dalam satu band Armaproject.”

Satu lagi yang membuat “Chapter III : Paradigma” layak didengarkan adalah kehadiran musisi tamu, Andre Tiranda. Para personel Ludicia menuturkan, kolaborasi mereka dengan Andre juga berlangsung singkat dan unik. Berawal saat mereka sedang dalam pencarian label rekaman untuk perilisan album penuh Ludicia. Mereka lantas meminta bantuan Andre Tiranda untuk mencarikan label. Dan ketika Andre datang ke studio mereka untuk mengambil hasil mastering final albumnya, Chanz tiba-tiba berceletuk, ‘Bang, mau ngisi lagu kami nggak?’

“Karena kami tau banget isian dari bang Andre Tiranda pasti punya ciri khas ala dia, dan bang Andre langsung bilang ‘Okey, gua mau karena gua suka musik kalian’. Dan nggak pake lama, udah langsung jadi lead-nya.”

Jika ditanya apa keistimewaan di isian gitar tersebut, Ludicia menegaskan “Chapter III : Paradigma” akhirnya memuat tiga isian gitar yang sangat khas. Karena baik Andre maupun kedua gitaris Ludicia punya cita rasa yang sangat melekat di diri mereka masing-masing.

“Kumz isiannya manis banget, bang Andre old-school banget, Chanz njelimet kayak alien. Nah, jadi terasa banget tanpa perlu liat videonya kita bisa rasain siapa yang ngisi (gitar) dan seterusnya.”

Video musik “Chapter III : Paradigma” sudah ditayangkan sejak 6 Februari 2021 lalu via akun YouTube resmi Ludicia. Selanjutnya, rencananya ada dua video musik yang bakal dirilis lagi. Namun saat ini, Ludicia ingin fokus ke proses pencarian label rekaman terlebih dahulu. (mdy/MK01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *