MINATORY Makin ‘Berani’ Luapkan Kritikan di “Intoleransi”

Ada catatan bernyali yang diserukan unit cadas asal Denpasar, Bali ini di naskah siaran persnya, tentang single terbarunya yang bertajuk “Intoleransi”.

“… Akan berbahaya dimainkan dengan volume maksimal! Persiapkan diri Anda, musik ini bersiap untuk membawa Anda bermil-mil ke depan.”

Dari segi musikal, Minatory yang diperkuat formasi Manggala Diapramana (vokal), Kadek ‘Kadek Akon’ Dwiana (dram), Wayan Tegar (gitar), Ketut Anyar (bass) dan IB ‘Guswira’ Wira (gitar) mendeskripsikan konsep musik mereka di “Intoleransi” sarat polesan rock serta entakan distorsi yang menggugah semangat. 

“Konsep ‘Intoleransi’ masih dengan polesan rock dan beat yang semangat dengan lirik yang kritis yang coba kami buat, referensi yang kami dapat dari beberapa band, salah satunya (dari) Motorhead,” seru pihak band kepada MUSIKERAS, menegaskan.

.

.

Minatory yang dibentuk pada 6 Juni 2012 lalu ini merilis “Intoleransi” sebagai gebrakan pemanasan menuju perilisan album terbarunya yang bakal dirilis dalam waktu dekat. Sebelumnya, Minatory sudah pernah melahirkan album mini berjudul “The Struggle For Victory” sekaligus dengan video musik untuk salah satu lagunya, “Heavytamin” pada Desember 2014 lalu.

Gagasan lirik yang ada di “Intoleransi” sendiri berdasarkan pandangan para personelnya, tentang realita sekelompok golongan yang didoktrin untuk intoleran terhadap sesama. Menurut Minatory, tumpahan lirik mereka berangkat dari realita bahwa di Indonesia masih ada sekelompok organisasi yang tidak toleran satu sama lain.

“Pesan yang kami sampaikan tersebut kami bungkus dengan ringan agar dapat diterima di masyarakat. Untuk eksekusi (produksi) bisa dibilang singkat, dari konsep sampai dengan video tersebut rampung kurang lebih satu bulan.” 

Kembali ke lini musik, ada sedikit perbedaan yang diterapkan Minatory di “Intoleransi”, jika dibandingkan dengan formula di “The Struggle For Victory”. Menurut mereka, “Intoleransi” yang direkam di DAP Music Studio terbilang lebih ‘berani’ dalam menumpahkan kritik dengan lirik yang kuat. 

“Secara sound, kami mencoba beberapa eksperimen baru agar musik yang didengar lebih segar.”

Tentang rencana perilisan album barunya sendiri, Minatory berharap bisa segera mengeksekusinya tahun ini juga. “Sedang kami garap, sebentar lagi rampung. Mohon doanya!” (aug/MK02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *