Lepas Video “Bohemia”, OLLY OXEN Mantap Menuju Album Baru

Lagu yang sudah dirilis resmi via berbagai platform digital sejak setahun lalu, atau tepatnya pada pertengahan Desember 2021, akhirnya kesampaian dipromosikan dalam format video musik. “Bohemia” disuguhkan dengan konsep yang sangat segar, dimana penggarapannya dipercayakan kepada Kukuh Rizky Nugroho sebagai videografer.

Konsep visualisasi hitam dan putih diterapkan di video tersebut, yang menurut Olly Oxen, membuatnya lebih terasa akan nuansa rock and roll, dengan sentuhan elemen klasik atau vintage.

“Untuk video klip lagu ‘Bohemia’ ini sengaja memakai konsep black and white supaya lebih terlihat minimalis tetapi elegan, selaras dengan materi musiknya yang sederhana namun catchy jika didengarkan,” ungkap Yanuar ‘Gemby’ Kurniawan, gitaris Olly Oxen sekaligus produser untuk penggarapan “Bohemia” tersebut.

Mengapa video tersebut baru tereksekusi sekarang?

“Pasca pandemi kemarin sangat mengganggu finansial kami,” cetus pihak band bentukan Agustus 2016 asal Semarang tersebut kepada MUSIKERAS, terus-terang. “Daripada rilis video ala kadarnya, kami mencoba sabar mengumpulkan dana lagi dari hasil manggung-manggung untuk membuat video yang lebih layak.”

.

.

Lagu rilisan tunggal “Bohemia” ini sendiri tergolong karya yang proses penciptaannya paling lama, jika dibandingkan dengan lagu-lagu Olly Oxen yang lain. “Soalnya ada pergeseran vokalis,” kata mereka beralasan.

Saat penggarapan rekaman yang dilakukan di 4WD Studio, Semarang, formasi Gemby, Gawank Kusumo (vokal), Novelino Adam (bass) dan personel baru, Ary Mulya (dram) harus meraba-raba lagi untuk mencari formula yang pas dan sesuai dengan karakter vokal yang baru. Gawank yang tadinya di posisi dram kini mengambil alih tugas di depan mikrofon, menggantikan vokalis sebelumnya, Mere Nauval. Proses rekaman masih sama seperti karya-karya sebelumnya, yakni di 4WD Studio, Semarang.

Jadi dibanding lagu-lagu karya Olly Oxen sebelumnya, tak bisa dipungkiri ada perubahan di sana-sini, dalam konteks musikalitasnya. Konsep rock yang diterapkan, kurang lebih menyederhanakan formula musik mereka terdahulu. Tidak bertele-tele dalam pemilihan nada riff-nya.

“Jadi single ‘Bohemia’ ini kami bikin lebih lugas, beat simpel dan berusaha terlihat cacthy. Menyesuaikan kapasitas vokalis yang baru. Maklum vokalis yang baru adalah pemain dram di album-album sebelumnya, jadi masih perlu beradaptasi menjadi vokalis di band ini. Kami berusaha tampil beda dibanding materi lagu sebelumnya, jadi belum ada asupan musik (sebagai referensi atau inspirasi) dari band lain. Mumpung ganti vokalis, sekalian deh mencoba ganti nuansa musiknya, sambil tetap mempertahankan karakter band kami.”

Bisa dibilang, peluncuran video musik “Bohemia” sekaligus menjadi momentum untuk segera melanjutkan penggarapan materi-materi baru, yang rencananya bakal dibungkus dalam sebuah kemasan album mini (EP). “Sudah terkumpul empat materi lagu baru yang siap kami bawa ke studio, jadi tinggal beberapa lagu lagi untuk melengkapi album mini kami. Kalau emang rejeki masih bagus, kami sih berharapnya rilis album penuh untuk ke depannya. Yang jelas, materi yang akan kami buat memberikan warna baru dari materi sebelumnya!”

“Bohemia” sudah dapat didengarkan melalui berbagai platform digital seperti Apple Music, Spotify, Deezer dan Youtube. (aug/MK02)

.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *