Mei 2014, masa depan Warbringer sempat berada di ujung tanduk. Band thrash metal asal Los Angeles, AS tersebut mendadak ditinggal dramernya, Carlos Cruz serta gitaris yang turut punya andil melahirkan Warbringer, John Laux. Untunglah, dua personel yang tersisa, vokalis John Kevill dan gitaris Adam Carroll tidak patah semangat. Serpihan semangat dikumpulkan lagi dan mereka berhasil mendapatkan personel pengganti dan bahkan kini telah bersiap merilis album baru.

Dipastikan, band yang pernah manggung di Hammersonic Festival, Jakarta pada 8 Maret 2015 lalu ini, akan meluncurkan album studio kelimanya yang bertajuk “Woe to the Vanquished” via label Napalm Records, 31 Maret 2017 mendatang. John dan Adam mendapat darah segar dari Jesse Sanchez (bass), Chase Becker (gitar) dan Carlos Cruz yang kembali bergabung saat penggarapan album tersebut, plus arahan dari produser Mike Plottnikoff (Fear Factory, In Flames). Penggarapan rekaman dieksekusi di West Valley Studio, Los Angeles.

“Untuk musik di album ini, kami berusaha fokus kembali pada diri sendiri setelah terlalu banyak bereksperimen di album ‘Empires Collapse’,” ulas John Kevill meyakinkan. “Kami memutuskan ingin membuat album dimana (musiknya) lebih tanpa ampun, kasar dan kejam dari awal sampai akhir, namun dengan tetap menjaga rasa melodik serta progresifnya. Hasil akhirnya kami mendapatkan karakter thrash klasik namun juga banyak mengandung unsur metal ekstrim. Secara keseluruhan lebih kencang dan sadis dibanding yang pernah kami buat sebelumnya, juga memuat lagu kami yang paling ambisius, yakni lagu berdurasi 11 menit, (berjudul) ’When The Guns Fell Silent’ sebagai penutup album ini.”

Warbringer terbentuk pada 2004 dan langsung mendapatkan kontrak rekaman dari label Century Media Records empat tahun kemudian, yang dibuka dengan album debut “War Without End”. Album kedua Warbringer, “Waking into Nightmares” yang dirilis pada 19 Mei 2009 berhasil bertengger di peringkat 14 versi Billboard Heatseekers chart. Album selanjutnya adalah “Worlds Torn Asunder” (2011) dan “IV: Empires Collapse” (2013).